Soal Informatika Kelas 12 Semester 1 Tentang Penilaian Tengah Semester

Di artikel ini kami akan membagikan contoh soal Informatika Kelas 12 Semester 1 Tentang Penilaian Tengah Semester, Ada 50 soal yang kami berikan dalam bentuk soal pilihan ganda dan soal essay. Soal soal ini bisa menjadi evaluasi untuk mata pelajaran ini. Dan bisa juga menjadi acuan guru guru dalam membuat soal.

Kami juga menyediakan dalam format microsoft word yang bisa di download di bawah.

Soal Informatika Kelas 12 Semester 1 Tentang Penilaian Tengah Semester

Soal Pilihan Ganda

1. Perangkat lunak yang memadukan wujud pengulangan dari model prototyping dengan aspek pengendalian dan sistematika dari linear sequential model adalah…

a. spiral model 

b. RAD (Rapid Application Development) Model 

c. Fourth Generation Techniques (4GT) 

d. prototyping model 

e. design

2. Struktur Data, Arsitektur perangkat lunak, Prosedur detil dan Karakteristik Antarmuka adalah….

a. pembuatan kode (coding) 

b. perancangan (design) 

c. pengujian (testing) 

d. pemeliharaan (maintenance) 

e. performance

3. Informasi apa yang mengendalikan proses bisnis, kemana informasi itu pergi, dan siapa yang memprosesnya adalah… 

a. pemodelan data (data modelling) 

b. pemodelan bisnis (business modeling) 

c. pemodelan proses (process modelling) 

d. pembuatan aplikasi (application generation) 

e. desain program (design program)

4. Saat ini pengembangan perangkat lunak yang mendukung 4GT, berisi tool-tool, kecuali …. 

a. bahasa nonprosedural untuk query basis data 

b. report generation 

c. data manipulation 

d. evaluasi

e. testing

5. Perangkat lunak dengan menggunakan bahasa pemrograman generasi ketiga yang konvensional, RAD lebih banyak memproses kerja untuk memakai lagi komponen program yang telah ada atau menciptakan komponen yang bisa dipakai lagi …. 

a. pembuatan aplikasi (application generation) 

b. pemodelan proses (process modelling)

c. pemodelan data (data modelling)

d. pemodelan bisnis (business modeling)

c. penggunaart source code

6.  Sistem operasi atau sebagai tuntutan atas perkembangan sistem komputer adalah …. 

a. corrective maintenance 

b. adaptive maintenance 

c. perfektive maintenance 

d. linear maintenance 

e. design maintenance

7. Bila perangkat lunak sukses dipergunakan oleh pemakai. Pemeliharaan ditujukan untuk menambah kemampuannya seperti memberikan fungsi-fungsi tambahan, peningkatan kinerja …. 

a. corrective maintenance 

b. adaptive maintenance 

c. perfective maintenance 

d. linear maintenance 

e. design maintenance

8. Pengumpulan kebutuhan dengan fokus pada perangkat lunak adalah… 

a. perancangan (design) 

b. pembuatan kode (coding) 

c. pengujian (testing) 

d. analisis kebutuhan perangkat lunak (software requirements analysis) 

e. pembuatan program

9. Sistem informasi yang menggambarkan halhal penting dari sistem informasi yang akan datang adalah …. 

a. model spiral 

b. model RAD (Rapid Application Development) 

c. Model Fourth Generation Techniques (4GT) 

d. model waterfall 

e. model prototyping

10. Proses menerjemakah perancangan desain ke bentuk yang dapat dimengerti oleh mesin dengan menggunakan bahasa program adalah …. 

a. analisis 

b. pengkodean 

c. perigujian 

d. pemeliharaan 

e. design

11. Sebagai bagian dari fase business disaring ke 1 dalam serangkai objek data yang di butuhkan untuk menopang bisnis adalah ….

a. proses modeling 

b. data modeling 

c. application generation 

d. testing dan turnover 

e. program monitoring

12. Penerjemahan perancangan ke bentuk yang dapat dimengerti oleh mesin, dengan 4 menggunakan bahasa pemrograman …. 

a. perancangan (design) 

b. pembuatan kode (coding) 

c. pengujian (festing) 

d. pemeliharaan ( maintenance) 

e. performance

13. Ditransformasikan untuk mencapai aliran informasi yang perlu bagi implementasi sebuah fungsi bisnis adalah …. 

a. pembuatan aplikasi (application generation) 

b. pemodelan proses (process modelling)

c. pemodelan data (data modelling) 

d. pemodelan bisnis (business modelling) 

e. pemrograman

14. Tiap pengembang perangkat lunak menentukan beberapa karakteristik perangkat lunak pada level tinggiadalah… 

a. spiralmodel 

b. RAD (Rapid Application Development) Model 

c. Fourth Generation Techniques (4GT) 

d. prototyping model 

e. design

15. Membuat perancangan sementara yang berfokus pada penyajian kepada pelanggan adalah …. 

a. pengumpulan kebutuhan 

b. membangun prototyping 

c. evaluasi protoptyping 

d. mengkodekan system 

e. pengujian

16. Pelanggan dan pengembang bersama-sama mendefinisikan format seluruh perangkat lunak adalah….

a. pengumpulan kebutuhan 

b. membangun prototyping 

c. evaluasi protoptyping 

d. mengkodekan sistem 

e. testing

17. Apakah prototyping yang sudah dibangun sudah sesuai dengan keinginan pelanggan atau bellum. Jika sudah sesuai, maka langkah selanjutnya akan diambil adalah ….

a. pengumpulan kebutuhan

b. membangun prototyping

c. evaluasi protoptyping

d. mengkodekan sister

e. pembuatan program

18. Perangkat lunak yang telah diuji dan diterima pelanggan siap untuk digunakan adalah …. 

a. menggunakan sistem 

b. evaluasi sistem 

c. menguji sistem

d. mengkodekan sistem

e. pembuatan program

19. Digunakan untuk menguji kelayakan dari teknologi yang akan digunakan untuk system informasi yang akan disusun 

a. feasibility prototyping

b. requirement prototyping 

c. desain prototyping

d. implementation prototyping

e. design prototyping

20. Digunakan untuk mengetahui kebutuhan aktivitas bisnis user adalah ….

a. feasibility prototyping

b. requirement prototyping 

c. desain prototyping

d. implementation prototyping 

e. design prototyping

21. Digunakan untuk mendorong perancangan sistem informasi yang akan digunakan…. 

a. feasibility prototyping 

b. testing

c. requirement prototyping 

d. implementation prototyping 

e. desain prototyping

22. Merupakan hasil kombinasi elemen-elernen ” dari model waterfall yang diaplikasikan ~ secara berulang adalah ….

a. modetincremental

b. model boehm 

c. model rapid application development (RAD) 

d. model implementation 

e. model waterfall

23. Merupakan lanjutan dari rancangan prototype, prototype ini langsung disusun sebagai suatu sistem informasi yang akan digunakan adalah …. 

a. desain prototyping

b. requirement prototyping 

c. implementation prototyping 

d. feasibility prototyping 

e. readability

24. Pengguna biasanya memberikan masukan berdasarkan hasil yang didapat dari tahap engineering dan instalasi adalah….. 

a. tahap konstruksi dan pelepasan

b. tahap rekayasa (engineering) 

c. tahap analisis risiko 

d. tahap evaluasi 

e. design

25. Pada tahap ini dibangun komunikasi yang . baik dengan calon pengguna adalah ….

a. tahap planning (perencanaan) 

b. tahap analisis risiko 

c. tahap liason 

d. tahap evaluasi 

e. tahap design

26. Pada tahap ini ditentukan sumber-sumber informasi, batas waktu dan informasi-informasi yang dapat menjelaskan proyek adalah ….

a. tahap planning (perencanaan) 

b. tahap analisis risiko

c. tahap liason

d. tahap evaluasi 

e. tahap testing

27. Langkah yang menjadi karakteristi aera proses pengembangan pada metode prototype, kecuali …

a. pemilihan fungsi

b. penyusunan sistem informasl

c. perancangan dialog

d. evaluasi 

e. design

28. Aktivitas analisa seperti desain/rancangam atau komunikasi pelanggan dapat diskemakan dengan cara yang sama adalah ….

a. design

b. Component Assembly Model (CAM/Mode Perakitan Komponen)

c. spiral model

d. incremental mode

e. The concurrent Development Mode

29. Digunakan sebagai sarana bagi pemakai untuk memasukkan data input bagi perangkat lunak ….

a. perangkat keyboard

b. layar monitor

c. perangkat mouse 

d. print

e. design

30. Pemakai akan dikembangkan dengan menggunakan user interface dengan berbasis web

a. kebutuhan antarmuka eksternal

b. antarmuka pemakai

c. antarmuka perangkat keras 

d. antarmuka perangkat lunak 

e. antarmuka program

Essay

1. Berhubungan dengan detail pengembangan perangkat lunak, termasuk algoritma, pengkodean, pengujian, dan pencarian kesalahan adalah…

2. Sekumpulan aktivitas yang saling terkait (koheren) untuk menspesifikasikan, design, implementasi dan pengujian sistem perangkat lunak adalah ….

3. Mencakup upaya-upaya perawatan ketika perangkat lunak telah dioperasikan adalah …

4. Monitor, mengontrol, dan menganalisis kejadian dunia nyata pada saat terjadinya….

5. Problem perangkat lunak, meliputi ….

6. Mencakup kajian teoritis tentang alat bantu dan metode rekayasa perangkat lunak adalah ….

7. Aktivitas pengujian fungsionalitas satuan terkecil dari sebuah perangkat lunak adalah ….

8. Yang dapat memberikan hasil pengujian yang menyeluruh adalah…

9. Snatu proses dimana kebutuhan pemakai diterjemahkan menjadi produk perangkat lunak adalah…

10. Mengoreksi kesalahan pada perangkat lunak, yang baru terdeteksi pada saat perangkat lunak dipergunakan adalah …..

11. Sebutkan komponen-komponen yang terdapat di dalam desain sistem!

12. Jelaskan yang dimaksud dengan desain dialog layar terminal tersebut!

13. Jelaskan bentuk-bentuk dari desain dialog layar terminal!

14. Gambarkan bentuk-bentuk laporan yang dihasilkan oleh sebuah sistem informasi!

15. Jelaskan perbedaan antara desain database secara umum dan secara terinei!

16. Apa yang dimaksud dengan implementasi sistem?

17. Sebutkan proses-proses yang terdapat di dalam implementasi sistem!

18. Jelaskan faktor-faktor apa saja yang perlu diperhatikan didalam merencanakan implemen sistem!

19. Jelaskan kegiatan-kegiatan clidalam implementasi! Dari kegiatan-kegiatan tersebut kegiat manakah yang paling sulit dilakukan? Jelaskan alasannya!

20. Apa yang dimaksud dengan konversi sistem?

Soal Soal Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *