Soal Fiqih Kelas 12 Semester 1 Tentang Sumber Hukum Islam

Di artikel ini kami akan membagikan contoh soal Fiqih Kelas 12 Semester 1 Tentang Sumber Hukum Islam, Ada 60 soal yang kami berikan dalam bentuk soal pilihan ganda dan soal essay. Soal soal ini bisa menjadi evaluasi untuk mata pelajaran ini. Dan bisa juga menjadi acuan guru guru dalam membuat soal.

Kami juga menyediakan dalam format microsoft word yang bisa di download di bawah.

Soal Fiqih Kelas 12 Semester 1 Tentang Sumber Hukum Islam

Soal Pilihan Ganda

1. Taqlilu at-taklif merupakan salah satu asas dalam menetapkan hukum (tasyri), yaitu dengan ….

a. meniadakan kesempitan 

b. berangsur-angsur dalam menetapkan hukum 

c. memperkecil beban 

d. pertahapan antara satu dengan yang lain 

e. berdasarkan urutan kedudukan

2. Ayat Al-Qur’an yang sudah jelas dan tidak membutuhkan penafsiran disebut ayat …. 

a. mutasyabihat

b. musykilat

c. hikmah 

d. sukut

e. muhkamat

3. Perintah untuk menjadikan sunah sebagai sumber hukum Islam dijelaskan dalam …. 

a. Surah al-Baqarah ayat 7 

b. Surah al-Ma’id&ah ayat 7 

c. Surah an-Nisa’ ayat 7 

d. Surah an-Nir ayat 7 

e. Surah al-Hasyr ayat 7  

4. Ulama Syafi’i berpendapat bahwa kedudukan Al-Qur’an sebagai dalil hukum, yaitu ….

a. zhanni

b. ihtimal 

c. qathi 

d. meragukan 

e. dipertimbangkan

5. Perbuatan hukumnya haram, diqiyaskan pada mendekatinya saja sudah haram. Hal ini disebut qiyas …

a. nisbi 

b. musawi 

c. dilalah 

d. syibh

e. aulawi 

6. Mazhab yang menolak istishab sebagian sumber hukum adalah …. 

a. Malikiyah 

b. Hanafiyah

c Hambaiyah

d. Syafi‘iyah 

e. Zhahiriyah 

7. Pengumpulan Al-Qur’an dari para sahabat yang menuliskan dalam berbagai media terjadi pada masa kekhalifahan …. 

a. Abu Bakar as-Siddiq 

b. Umar bin Khattab 

c. Utsman bin Affan

d. Alibin Abi Thalib

e. Umar bin Abdul Aziz 

8. Salah satu fungsi Al-Qur’an sebagaimana dijelaskan dalam Q.S. al-Baqarah ayat 185 adalah sebagai …. 

a. pemberi peringatan 

b. pemberi kabar gembira 

c. petunjuk bagi manusia 

d. penawar jiwa 

e. mukjizat Nabi Muhammad saw. 

9. Berikut ini yang bukan merupakan sumber-sumber hukum Islam yang disepakati oleh ulama adalah …. 

a. Al-Qur’an 

b. As-Sunnah 

c. ijma’ 

d. giyas 

e. istishab 

10. Menurut Imam Syaf’i hukum umrah sama dengan haji, yaitu wajib. Wajib umrah ini ditetapkan dengan kaidah…. a. istishab 

b. isthsan 

c. masiahah mursalah 

d. syar’u man qablana 

e. dalalat iqtiran

11. Pokok-pokok Al-Qur’an yang membahas hubungan manusia dengan sesama, disebut ….

a. ibadah

b. janjidan ancaman 

c. waktu kiamat

d. kisah umat terdahulu 

e. muamalah

12. Berikut ini yang bukan merupakan sumber hukum Islam adalah ….

a. Al-Quran 

b. qiyas 

c. fukaha

d. as-sunnah

e. ijma’

13. Allah menjelaskan bahwa balasan yang pantas bagi orang kafir adalah neraka Jahanam, hal ini terkait kandungan Al-Qur’an tentang …. 

a. muamalah

b. al-wa’du 

c. al-wa’id

d. rukhsah

e. mashlahat

14. Adanya qasar salat saat safar termasuk asas Al-Qur’an dalam ….

a. taqlilu at-taklif 

b. ‘adamu al-haraj 

c. qiyas dilalah 

d. at-tadriju fi at-tasyri’ 

e. ijima‘ sharih

15. Adanya persoalan-persoalan yang harus dicarikan status hukumnya, sementara di dalam nash Al-Qur’an dan as-Sunah tidak ditemukan hukumnya dan mujtahid pun belum melakukan ima’, sebagai salah satu alasan ulama melakukan …. 

a. ijma’

b. ijtihad 

c. qiyas 

d. istishab 

e. istihsan

16. Sunah Rasulullah adalah sumber hukum Islam. Hal itu berdasarkan …. 

a. Q.S. an-Nisa’ [4]: 59 

b. Q.S. al-Ma’idah [5]: 90 

c. Q.S. al-Hasyr [59]: 2

d. QS. al-Hasyr [59]: 7 

e. Q.S. an-Nisa’ [4]: 115

7. Menetapkan hukum suatu kejadian atau peristiwa yang tidak ada dasar nashnya dengan cara membandingkannya kepada suatu kejadian atau peristiwa yang lain yang telah ditetapkan hukumnya

berdasarkan nash karena ada persamaan ‘illat antara kedua kejadian atau peristiwa itu adalah pengertian dani ….

a. ijma’

b. qiyas

c. ijtihad

d. sunah

e. istihsan

18. Menurut imam Abu Hanifah dan imam Syafi’i, saddu adz-dzari’ah tidak dapat dijadikan sumber hukum, karena sesuatu yang menurut hukum asainya mubah ….

a. dapat mendorong dan membuka perbuatan-perbuatan yang dilarang oleh agama

b. tetap diperlakukan sebagai yang mubah

c. bisa berubah menjadi sunah

d. bisa berubah menjadi wajib

e. tetap diperlakukan sebagai yang mubah

19. Menetapkan hukum karena ada persamaan dilalat al-hukm (penunjukan hukumnya), disebut qiyas ….

a. aulawi

b. syibh

c. musawi

d. murni

e. dilalah

20. Jumhur ulama berpendapat bahwa dalalat al-iqtiran … dijadikan hujjah.

a. dapat

b. wajib

c. dianjurkan

d. ada kemungkinan

e. tidak dapat

21. Daiil-dalil yang menunjukkan kesamaan hukum terhadap sesuatu yang disebutkan bersamaan dengan sesuatu yang lain, disebut ….

a. maslahah mursalah

b. dalalat al-igtiran

c. istihsan

d. istihsab

e. syar’u man qablana

22. Menurut Imam Syafi’i hukum umrah sama dengan haji, yaitu wajib. Hal tersebut didasarkan pada ayat Al-Qur’an, yaitu ….

a. QS. al-Baqarah ayat 96

b. QS. al-Baqarah ayat 106

c. Q.S. al-Baqarah ayat 119

d. Q.S. al-Bagarah ayat169

e. Q.S.al-Bagarahayat196 

23. Menurut Imam… boleh berpegang kepada al-maslahah al-mursalah apabila sesuai dengan dalil kulli atau dalil juz’i dari syara’.

a. Syaukani 

b. Malik

c. Nawawi

d. Syafi’i

e. Hambali

14. Imam Malik berpendapat, bahwa peng| gunaan al-maslahah al mursalah sebagai hukum adalah ….

a. boleh dalam keadaan tertentu

b. lebih baik tidak digunakan 

c. boleh secara mutlak

d. boleh, tapi terbatas

e. tidak boleh

25. Perkataan sahabat yang tidak mendapatkan tantangan (reaksi) dari sahabat lain merupakan …. 

a. hujjah bagi umat Islam  .

b. sekadar kabar dari sahabat 

c. sumber hukum bagi umat Islam 

d. dalil bagi sebuah perbuatan 

e. kreativitas dari para sahabat

Essay

1. Apa yang dimaksud sumber hukum muttafaq? Sebutkan macam-macamnya!

2. Sebutkan asas-asas Al-Qur’an dalam menetapkan hukum!

3. Jelaskan kedudukan ijma’ sebagai sumber hukum Islam!

4. Sebutkan syariat-syariat yang ada sebelum Nabi Muhammad saw. diutus sebagai rasul!

5. Sebutkan syarat-syarat berpegang pada al-masiahah al-mursalah!

6. Diharamkannya menanam pohon ganja untuk menutup kerusakan yang ditimbulkannya adalah contoh ….

7. Surah al-Hajj ayat 78 menunjukkan salah satu asas Al-Qur’an dalam menetapkan hukum, yaitu ….

8. Alasan jumhur ulama tidak berhujjah dengan dalalat al-iqtiran adalah …

9. Sunah adalah segala perkataan, segala perbuatan, dan segala ketetapan Nabi Muhammad Saw. yang bersangkut Paut dengan ….

10. Kebiasaan masyarakat dalam mempergunakan lafaz atau ungkapan tertentu, disebut ….

11. Surah an-Nahl ayat 8 dijadikan contoh hukum dalalat iqtiran oleh ….

12. Tidak boleh bertentangan dengan Magasid Syariah, dalil-dalil kulli, dan juz’i yang qath’! wurud dan dalalahnya, dari nash Al-Qur’an dan as-sunnah merupakan syarat berpegang teguh kepada …

13. Maksud dari dalil qath‘’i adalah ….

14. Kesepakatan pendapat dari keluarga Rasulullah saw. disebut …

15. Kebiasaan masyarakat yang berkaitan dengan perbuatan, disebut ….

16. Sebutkan dalil Al-Qur’an yang memerintahkan untuk mengambil Al-Qur’an sebagai sumber hukum Islam!

17. Sebutkan contoh-contoh maslahah mursalah!

18. Jelaskan kedudukan qiyas dalam hukum Islam!

19. Mengapa Imam Syaukani berpendapat bahwa qaulu shahabi tidak dapat dijadikan hujjah?

20. Sebutkan dalil hadis yang memerintahkan untuk menjadikan as-sunnah sebagai sumber hukum Islam!

21. Surah al-Baqarah ayat 196 dijadikan contoh hukum dalalat al-iqtiran oleh …

22. Sesuatu yang dianggap baik dan dapat diterima akal sehat disebut ….

23. Seorang merasa telah wudu, kemudian ia ragu-ragu sudah batal atau belum maka wudunya….

24. Kesepakatan ulama-ulama Madinah dalam suatu masalah disebut ….

25. Sebutkan pokok-pokok kandungan Al-Qur’an!

26. Bagaimana kehujjahan dari hadis?

27. Apa maksud asas at-tadriju fit tasyri?

28. Jelaskan pengertian ijma‘ secara istilah!

29. Saddu artinya ….

30. Apakah yang dimaksud dengan syar’u man qablana?

31. Jelaskan pendapat Abu Hanifah dan Imam Syafi’i tentang hujjah saddu adz-dzari’ah!

32. Tulislah landasan para ulama Hanafiyah dan Malikiyah yang berpendapat bahwa ‘urf dapat dijadikan hujjah untuk menetapkan hukum!

33. Bagaimanakah pendapat jumhur ulama tentang syar’u man qablana yang disebutkan dalam Al-Qur’an, namun Nabi Muhammad saw. tidak secara jelas menyatakan tentang wajib mengikutinya atau tidak?

34. Jelaskan maksud dari jima’syaikhani!

35. Bagaimana hukum menjalankan ‘urffasid!

Soal Soal Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *